Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Harmonika Iwan Fals Sore Tugu Pancoran

Chord Harmonika Iwan Fals Sore Tugu Pancoran

Harmonika memang merupakan salah satu alat musik yang nyaman untuk dimainkan. Tak hanya untuk musisi profesional, chord harmonika pun amat cocok untuk dipelajari oleh para pemula. Bagi penggemar Iwan Fals, pasti sudah tak asing lagi dengan lagu berjudul Sore Tugu Pancoran. Lagu tersebut sering dijadikan referensi oleh para pemain harmonika di Indonesia.

Asal Usul Lagu Sore Tugu Pancoran

Asal Usul Lagu Sore Tugu Pancoran

Lagu Sore Tugu Pancoran diciptakan oleh legenda musik Indonesia, yaitu Iwan Fals. Lagu ini dirilis pada tahun 1985 dalam album "Sugali". Iwan Fals menciptakan lagu ini ketika ia sedang berada di Tugu Pancoran pada sore hari. Di sana, ia bertemu dengan para pekerja yang tengah beristirahat dari rutinitas kerjanya. Iwan Fals terinspirasi oleh kehidupan sosial para pekerja tersebut dan kemudian ia menciptakan lagu Sore Tugu Pancoran sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.

Belajar Chord Harmonika Sore Tugu Pancoran dengan Iwan Fals

Belajar Chord Harmonika Sore Tugu Pancoran

Bagi pemula yang ingin belajar chord harmonika Sore Tugu Pancoran, Anda bisa melihat video di Youtube yang diunggah oleh Iwan Fals. Dalam video tersebut, Iwan Fals memberikan tutorial secara detail tentang bagaimana cara memainkan harmonika dan chord yang tepat pada lagu Sore Tugu Pancoran. Iwan Fals pun memberikan tips dan trik yang berguna untuk pemula agar bisa memainkan lagu ini dengan baik.

Chord Harmonika Sore Tugu Pancoran

Chord Harmonika Sore Tugu Pancoran

Berikut ini adalah chord harmonika Sore Tugu Pancoran yang dijelaskan oleh Iwan Fals pada tutorialnya:

Intro : Dm, G, C Am, Dm

Reff : G, Dm, C, Am, Dm, G, Dm, C, Am, Dm

Interlude : Dm, G, C Am, Dm

Verse 1 : Dm G C Am Dm

Di malam itu G C Am Dm

Aku berjalan-jalan G C Am Dm

Dari Jalan Jatibaru G C Am Dm

Kulewati Tugu Pancoran

Chorus : G Dm

Bersenandunglah pagi C Am

Kubisikkan pada angin G Dm

Senandung hitam putih C Am

Yang kalut dilupa waktu

Verse 2 : Dm G C Am Dm

Aku melihat banyak orang G C Am Dm

Tak terhenti oleh warna G C Am Dm

Kehidupan yang kudus G C Am Dm

Tertimbun oleh masa bodoh

Chorus : G Dm

Bersenandunglah pagi C Am

Kubisikkan pada angin G Dm

Senandung hitam putih C Am

Yang kalut dilupa waktu

Ending : Dm, G, C Am, Dm

Cara Memainkan Harmonika

Cara Memainkan Harmonika

Bagi pemula yang ingin bermain harmonika, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membeli harmonika yang sesuai dengan kebutuhan. Harmonika terdiri dari beberapa tipe seperti tremolo, chromatic, dan juga diatonik. Setelah itu, Anda bisa belajar memainkan harmonika dengan melihat tutorial di Youtube maupun melalui kursus yang disediakan oleh sekolah musik terdekat.

Keuntungan Belajar Memainkan Harmonika

Keuntungan Belajar Memainkan Harmonika

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan belajar memainkan harmonika. Pertama, harmonika bisa dianggap sebagai instrumen musik yang mudah dipelajari dan dijangkau oleh semua kalangan. Kedua, belajar memainkan harmonika juga bisa meredakan stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Selain itu, harmonika juga bisa menjadi hobby yang menyenangkan dan bisa menjadi kegiatan yang positif bagi Anda.

Kesimpulan

Kesimpulan

Belajar chord harmonika Iwan Fals Sore Tugu Pancoran memang tidak mudah, namun pasti akan terasa menyenangkan ketika Anda berhasil memainkannya dengan baik. Siapa tahu, nantinya Anda bisa menjadi seorang harmonika yang hebat seperti Iwan Fals. Jangan lupa untuk mencari tahu lebih banyak tentang musik dan alat musik lainnya yang bisa Anda pelajari. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus berlatih!

Related video of Chord Harmonika Iwan Fals Sore Tugu Pancoran: Belajar Harmonika dari Maestro Musik Indonesia